Tips memilih aplikasi absensi online untuk karyawan

Aplikasi absensi online karyawan saat ini menjadi sebuah sistem perangkat lunak yang diperlukan oleh perusahaan, guna mengatur tata kelola data absensi karyawan. Terlebih lagi jika jumlah karyawan mencapai ratusan atau ribuan dan tersebar di beberapa cabang, maka sistem absensi online sangatlah diperlukan bagi perusahaan.

Oleh karenanya diperlukan sebuah aplikasi absensi online yang mampu mengelola data karyawan, sekalipun jadwal kerja memiliki banyak variabel, seperti ada berbagai macam jenis shif dan lembur, kemudian jadwal piket dan lainnya.

Jika hanya mengandalkan sistem bawaan yang ada pada mesin absensi, pastinya akan sulit di andalkan, mengingat jumlah karyawan yang banyak. Sekarang sudah saatnya Anda memangkas biaya operasional dengan menggunakan aplikasi absensi online, apa saja yang bisa di hemat?

1. Mesin absensi, Anda bahkan tidak perlu membeli perangkat ini. Karena karyawan bisa absen melalui aplikasi yang di install di smartphone mereka

2. Proses birokrasi jadi terpangkas, dalam aplikasi absensi yang bagus terdapat menu shortcut untuk melakukan kegiatan kepersonaliaan seperti request cuti dan juga approve/reject. Dengan begini Anda dapat menghemat waktu.

Oleh karenanya kami memberikan beberapa tips memilih aplikasi absensi karyawan berbasis online, yang terbaik untuk perusahaan. Dari berikut adalah tips-tipsnya :

Tips memilih aplikasi absensi online

1 ) Pilih apilikasi yang punya banyak fungsi

Agar tidak terlalu banyak menggunakan sistem, kami sarankan memilih aplikasi absen yang memiliki banyak fitur dan terintegrasi satu sama lain. Banyak fitur akan mempermudah pengguna (karyawan) dalam melakukan adminstrasi kepersonaliaan, seperti melakukan pengajuan kemudia melihat berbagai macam laporan seperti, laporan kehadiran dan payslip.

2 ) Terintegrasi dengan payroll

Absen dan payroll atau penggajian merupakan 2 hal yang seharusnya terintegrasi satu sama lain, sehingga laporan kehadiran setiap bulan atau periodenya dapat langsung otomatis di proses ke penggajian, Sehingga mempercepat proses payroll.

3 ) Sistem cloudbase yang aman

Pada umumnya aplikasi absensi online menggunakan cloud-base sebagai tempat penyimpanan data log. Oleh karenanya kami sangat menganjurkan Anda menggunakan vendor atau developer aplikasi yang memiliki kredibilitas tinggi.

Karena absensi berkaitan dengan data karyawan di perusahaan, maka menjadi sangat penting agar data itu tidak di curi dan serta disalah gunakan oleh yang tidak bertanggung jawab. Jangan menggunakan aplikasi absensi karyawan yang gratisan, karena data didalamnya begitu berharga jadi sebaiknya pilih yang sudah terjamin.

4 ) Pastikan mereka memiliki sertifikasi SSL

Apa itu SSL? SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website atau aplikasi dengan teknologi enkripsi data yang canggih, sehingga tidak mudah di bajak. Ini juga tidak kalah penting, ketika Anda hendak menggunakan aplikasi absensi online tanyakan hal ini kepada vendor atau pengembang.

Demikian adalah 4 tips memilih aplikasi absensi online untuk karyawan yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih aplikasi.