Panduan Cara Mengatasi Printer Epson L310 Error

Panduan Cara Mengatasi Printer Epson L310 Error

Printer Epson L310 memang dikenal sebagai jenis printer yang awet, namun tidak menutup kemungkinan printer itu akan mengalami error. Nah berikut ini ada panduan cara mengatasi printer Epson L310 error. Biasanya error atau kerusakan ringan yang sering terjadi pada printer Epson L310 ditandai dengan lampu tinta dan kertas yang terus menerus berkedip secara bergantian ataupun bersamaan dan tiba-tiba saja pada layar muncul tulisan “Service Required”. Jika seperti itu yang terjadi, maka sebaiknya Anda tidak perlu langsung merasa panik, ada baiknya Anda menyimak dan mengikuti tutorial berikut ini:

Cara Mengatasi Printer Epson L310 Error Yang Ditandai Dengan Lampu Kertas Dan Tinta Terus Berkedip

Cara Mengatasi Error Printer Yang Lampu Kertas Dan Tinta Berkedip Bergantian

Jika error printer Epson L310 ditandai dengan lampu kertas dan tinta berkedip bergantian serta adanya tulisan “Service Required” pada layar printer, maka Anda tidak perlu terlalu panik dan langsung membawa printer ke tempat service, sebab yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan reset saja menggunakan aplikasi resetter.

Perlu diketahui bahwa hampir seluruh tipe printer Epson, termasuk Epson L310 sudah memiliki resetter masing-masing yang dapat Anda cari di internet. Ada cukup banyak website yang telah menyediakan aplikasi resetter yang dapat Anda unduh secara gratis. Kemudian, setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi resetter, ikuti sejumlah langkah berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan printer
  • Selanjutnya hubungkan printer ke komputer atau laptop
  • Lalu, jalankan aplikasi Epson Adjustment Program
  • Selanjutnya, klik “Select” untuk memilih printer mana yang akan Anda reset
  • Biarkan port tanpa ada yang perlu diubah, tetap gunakan auto selection
  • Selanjutnya, klik Particular Adjustment Mode
  • Kemudian klik Waste Ink Pad Counter kemudian Check & Anitialization yang letaknya ada di Pad Ink Counter
  • Langkah berikutnya, beri tanda centang pada Initialize kemudian klik Check
  • Setelah itu Anda akan melihat pesan yang meminta Anda untuk mematikan printer, jika muncul pesan seperti itu segera matikan dan beberapa menit kemudian hidupkan kembali.

Cara Mengatasi Error Printer Yang Lampu Kertas Dan Tinta Berkedip Bersamaan

Error Printer Lampu Berkedip bersamaan

Jika error yang terjadi pada printer Epson membuat lampu kertas dan tinta berkedip secara bersamaan, maka itu tandanya error printer tersebut cukup rumit untuk diperbaiki. Cara mengatasi printer Epson L310 error yang lampu kertas dan tinta berkedi secara bersamaan itu biasanya disebabkan karena ada masalah pada sensor encoder entah itu kotor atau bahkan mengalami kerusakan.

  • Untuk mengatasi error yang seperti ini, maka Anda perlu membuka casing printer tersebut.
  • Tipe printer Epson L310 memiliki sensor encoder yang letaknya ada di sudut kiri bawah
  • Setelah casing printer terbuka dan Anda menemukan letak sensor encoder, maka Anda perlu membersihkan sensor tersebut dari debu atau tinta. Anda dapat membersihkannya menggunakan tisu yang bersih.
  • Kemudian tutup casing printer lagi dan perhatikan apakah lampu printer sudah berhenti berkedip atau belum, jika sudah berhenti berkedip maka printer Anda sudah normal lagi.
  • Namun jika permasalahan tersebut belum dapat diatasi, maka itu artinya kemungkinan sensor encoder printer Anda itu telah rusak dan perlu diganti.

Itulah beberapa cara mengatasi printer Epson L310 error, namun jika Anda kurang percaya diri memperbaiki sendiri printer yang error itu, maka sebaiknya Anda segera bawa printer tersebut ke tempat service.