Manfaat Appraisal karyawan untuk manajemen HR

Appraisal karyawan adalah sebuah metode sistematis yang berfungsi untuk melaukan analisis dan evaluasi terhadap kinerja karyawan di sebuah perusahaan atau institusi, sehingga HRD dan perusahaan dapat mengetahui kinerja dan keadaan karyawan.

Melalui appraisal juga HRD dapat membuat employee carreer planning untuk kedepannya, dengan kata lain appraisal merupakan sistem yang digunakan untuk mengevaluasi, mengukur, dan menilai kinerja serta keterampilan, kemampuan, pencapaian target, dan juga pertumbuhan seorang karyawan.

Untuk memberlakukan appraisal ini anda bisa menggunakan bantuan software HR seperti PayrollBozz sebagai pihak ketiga penyedia sistem. Anda juga bisa menetapkan standar sendiri untuk perusahaan, dan pada umumnya ada 6 langkah atau tahapan dalam menentukan standar kerja, berikut adalah langkah-langkah yang mungkin bisa anda ikuti :

Tahapan menentukan standar kerja

1 ) Menetapkan standar kerja

Pertama seorang manajer harus menentukan target prestasi atau pencapaian kerja baik itu dari segi keterampilan atau juga output yang bisa dievaluasi. Standar kerja ini kemudian dimasukan kedalam rincian deskripsi kerja, dan jangan lupa bahwa standar kerja ini harus objektif dan jelas agar mudah juga dapat diukur.

2 ) Komunikasi standari kerja ke karyawan

Setelah membuat sebuah standar langkah selanjutnya adalah menginformasikan standar atau job deskripsi ke karyawan, agar masing-masing karyawan tahu dengan detail tentang standar kinerja tersebut.

Mengkomunikasikan perihal standar kerja ke karyawan juga bisa mendapatkan feedback langsung dari mereka, dengan begini juga manajemen SDM di perusahaan bisa mendapatkan masukan yang berarti.

3 ) Mengukur kinerja yang nyata

Tahap selanjutnya adalah melakukan pengukuran kinerja yang nyata dan aktual berdasarkan data dari berbagai macam sumber seperti laporan tertulis, laporan statistik dan bisa juga pengamatan lapangan. Dan yang terpenting pengukuran kinerja haruslah objektif sesuai job deskripsi masing-masing.

4 ) Bandingkan kinerja nyata/aktual dengan standar

Ditahap selanjutnya lakukan perbandingan dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya, cara membandingkannya adalah dengan mengungkap penyimpan kinerja antara kinerja aktual dengan standar kinerja.

5 ) Lakukan diskusi hasil penilaian dengan karyawan

Setelah hasil penilaian keluar langkah selanjutnya adalah dengan melakukan diskusi dengan karyawan yang bersangkutan. Tujuan dari dilakukannya diskusi ini agar si karyawan dapat mengetahui kekuarangan dan kelebihannya, serta dampak dari apa yang dia kerjakan dan tidak dikerjakan untuk lingkungan perusahaan.

6 ) Ambil tindakan perbaikan

Yang terakhir adalah dengan mengkoreksi kinerja karyawan yang dibawah standar lakukan koreksi dan arahkan karyawan agar kedepannya mereka menjadi lebih baik.

Demikian adalah ulasan tentang appraisal karyawan yang, mulai dari pengertian appraisal, sampai ke tata cara penentuan standar kerja.