7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Otak Tidak Sumpek 

Apabila Anda akhir-akhir ini sering berpikiran negatif, maka Anda sebaiknya mulai waspada dan segera cari cara menghilangkan pikiran negatif Anda. Karena pikiran negatif yang tak segera ditangani bisa menjadi sumber penyakit lainnya seperti stress, depresi, paranoid dan gangguan kejiwaan lainnya. Selain itu, punya pikiran negatif tentunya akan membuat otak terasa sumpek, mood jadi buruk dan tidak nyaman dan tenang dalam mengerjakan apa saja. Anda juga akan sulit untuk meraih pencapaian-pencapaian baru dalam karir, pendidikan atau kehidupan sosial.

Berikut ini adalah 7 cara menghilangkan pikiran negatif agar otak tidak sumpek dan perasaan jadi lebih lapang dan tenang.

1 ) Hargai Diri Sendiri

Pikiran negative juga bisa berangkat dari perspektif atau cara pandang kita terhadap diri sendiri. Anda harus belajar menghargai diri sendiri, menerima diri sendiri dan keadaan Anda lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya agar Anda bisa menerima orang lain dan berpikiran positif. Kenali dan pahami siapa diri Anda, potensi dan kemampuan Anda dan yakinlah bahwa Anda selalu bisa memperbaiki diri dan kehidupan Anda. Dengan demikian rasa tidak percaya diri, rendah diri atau minder akan hilang.

2 ) Membuka Diri

Cara menghilangkan pikiran negatif adalah dengan belajar membuka diri. Orang yang berpikiran negative biasanya adalah orang yang tertutup, tidak berpikiran luas dan sulit membuka diri terhadap orang lain apalagi menerima perbedaan. Karena itu cobalah buka diri Anda agar orang lain bisa memahami Anda. Izinkan diri Anda untuk menerima cinta dan perhatian serta sebaliknya Anda juga membalas cinta dan perhatian orang lain. Dunia akan terasa lebih baik ketika Anda mulai menerima kehadiran orang lain secara positif, percayalah.

3 ) Menerima Perbedaan

Menerima perbedaan sebagai sesuatu yang alamiah adalah cara mengurangi pikiran negatif terhadap orang lain. Ingatlah bahwa perbedaan bukan hal yang menakutkan. Perbedaan adalah bukti bahwa dunia ini sangat kaya dan penuh warna. Perbedaan membuat setiap manusia dan mahkluk Tuhan menjadi unik dan indah. Jika Anda bisa melihat dari sisi tersebut, Anda akan jadi manusia yang lebih penuh syukur.

4 ) Menjauhi Prasangka Buruk

Menghindari prasangka buruk terhadap orang lain atau sebuah situasi adalah satu cara menghilangkan pikiran negatif. Dalam pandangan Islam istilahnya adalah Huznudzan, yang membedakannya dengan Su’udzan. Mencoba mengurangi prasangka buruk atau negative terhadap orang lain akan membuat hidup Anda lebih tenang karena Anda tak dikejar-kejar oleh rasa was-was, cemas dan kekhawatiran berlebihan terhadap orang lain atau suatu situasi.

5 ) Berhenti Membenci

Berhenti membenci dan menggantinya dengan sikap welas asih adalah cara menghindari pikiran negatif. Bahkan orang yang paling jahat di dunia ini pun bisa ditundukkan dengan welas asih. Jadi jika Anda mencoba bersikap welas asih terhadap semua orang hal itu tidak hanya akan membuat Anda semakin dicintai, tetapi juga membantu mereka memperbaiki diri dan lebih berbahagia.

6 ) Berkomunikasi Secara Sehat

Salah satu penyebab pikiran negative adalah komunikasi yang tidak sehat. Karena itu bangunlah komunikasi yang sehat dengan siapapun. Coba lebih banyak mendengarkan ketimbang meminta diri didengar. Cobalah memahami ketimbang menghujat atau mendakwa seseorang. Niscaya Anda akan menemukan bahwa banyak hal bisa diselesaikan hanya dengan menjadi pendengar yang baik dan tulus, daripada sekedar marah dan menghujat.

7 ) Tidak Menimbun Masalah

Sering menimbun masalah tidak hanya membuat pikiran sumpek, tetapi juga mendorong orang gampang berpikiran negative. Jika setiap masalah yang datang dihadapi dan diselesaikan secepatnya maka pikiran akan ringan dan optimis. Namun ketika masalah ditimbun begitu saja maka pikiran akan sumpek sehingga membuat segala sesuatu jadi terasa berat.

7 cara menghilangkan pikiran negatif agar otak tidak sumpek dan perasaan jadi lebih lapang dan tenang seperti diuraikan diatas memang tidak gampang dilakoni. Syaratnya Anda tentu harus sungguh-sungguh ingin merubah perspektif atau pandangan Anda. Serta merubah cara-cara lama Anda dalam menghadapi atau menyelesaikan masalah. Pikiran positif adalah cara pandang terhadap diri sendiri, orang lain dan setiap masalah yang dating dengan optimisme dan cinta. Jika Anda bisa melakukannya Anda akan jadi manusia yang lebih bahagia.

Deskripsi: 7 cara menghilangkan pikiran negatif agar otak tidak sumpek diantaranya, hargai diri sendiri, membuka diri, menerima perbedaan, menjauhi prasangka dan berhenti membenci.